Search This Blog

Friday, November 16, 2012

Cara kerja SMS

Hai, teman-teman... Kali ini aku mau posting tentang bagaimana cara kerja SMS itu... Ngomong-ngomong, siapa yang tau car akerja dari SMS ini ? Secara sederhana, proses tersebut bisa dilihat di gambar di samping.

Secara kalimat, proses tersebut dijelaskan sebagai berikut :


Ketika Anda mengirim SMS, SMS Anda tersebut akan dikirim ke MSC melalui jaringan seluler 
yang tersedia yang meliputi tower BTS (Base Transceiver Station) yang sedang meng-handle komunikasi pengguna, lalu ke BSC (Base Station Controller) kemudian sampai ke MSC (Mobile Switching Center).
MSC kemudian mem-forward lagi SMS ke SMSC (Short Message Service Center) untuk disimpan. SMSC kemudian mengecek (lewat HLR (Home Location Register) untuk mengetahui handphone tujuan apakah handphone tujuan sedang aktif dan di manakah handphone tujuan tersebut.
Jika handphone sedang tidak aktif, maka pesan tetap disimpan di SMSC itu sendiri, menunggu MSC memberitahukan bahwa handphone sudah aktif kembali untuk kemudian SMS dikirim dengan batas maksimum waktu tunggu yaitu validity period dari pesan SMS itu sendiri. Jika handphone tujuan aktif maka pesan disampaikan MSC lewat jaringan yang sedang meng-handle penerima (BSC dan BTS).

Sebenarnya, di dalam kebanyakan handphone dan GSM/CDMA modem terdapat suatu komponen wireless modem/engine yang dapat diperintah antara lain untuk mengirim suatu pesan SMS dengan protokol tertentu. Standar perintah tersebut dikenal sebagai AT-Command, sedangkan protokolnya disebut sebagai PDU (Protokol Data Unit). Melalui AT-Command dan PDU inilah kita dapat membuat komputer/mikrokontroler mengirim/menerima SMS secara otomatis berdasarkan program yang kita buat. (http://iptek.web.id)

Oh, iya... Biasanya ketika kita mengirim sms, biasanya ada yang namanya "pending". Nah, biasanya ini terjadi ketika Anda mengirim SMS di bawah naungan operator lain. Jadi, prosesnya jadi begini :
1. Anda tekan tombol "Send" di HP anda, dan HP anda mengirimkan pesan ke operator anda
2. Operator anda menerima pesan
3. Operator anda mengirimkan sinyal bhw pesan telah diterima operator anda.
4. HP menerima sinyal tsb dan mengakui bahwa "Pesan Terkirim" (Sent)
5. Operator anda mengirimkan pesan tsb ke operator lain
6. Operator lain menerima pesan itu
7. Operator lain mengirimkan sinyal bahwa pesan sudah diterima
8. Operator anda menerima sinyal itu
9. Operator anda mengirimkan sinyal ke HP anda memberitahukan kalo pesan sudah sampai

Nah, karena padatnya arus komunikasi, nomor 7 atau nomor 8 tidak terlaksana. Dan akhirnya operator Anda merasa bahwa pesan tak kunjung diterima dan akhirnya diberi status "pending", padahal pesan sudah sampai

Sumber : http://omduszbani.blogspot.com/2010/09/cara-kerja-sms.html

1 comment: